Mon20102014

Cara Tepat Memilih dan Merawat Reptil dan Amfibi Kesayangan

Cara Tepat Memilih dan Merawat Reptil dan Amfibi Kesayangan

Hobiis reptil semakin meningkat, terutama didukung oleh komunitas yang semakin m...

Cantik Berhijab dengan Padu Padan Batik

Cantik Berhijab dengan Padu Padan Batik

Gaya berhijab trendi tengah menjadi ciri khas muslimah saat ini. Tampilan fresh ...

Impossible; Kau Tak Akan Pernah Bisa Seperti Aku

Impossible; Kau Tak Akan Pernah Bisa Seperti Aku

Anastasia merupakan salah satu cewek yang mewakili VIS. Ia tidak hanya cantik, t...

Mudah Menghafal Materi Pelajaran dengan Otak Kanan

Mudah Menghafal Materi Pelajaran dengan Otak Kanan

Kamu mungkin sudah tahu komentar para ahli otak tentang kedahsyatan otak manusia...

Mengikuti Kisah-kisah Terbaik Holmes

Mengikuti Kisah-kisah Terbaik Holmes

Kepiawaian Sherlock Holmes dalam mengungkap sebuah kasus memang cukup menarik pe...

Ingin dapat kiriman info buku terbaru dari Kelompok Agromedia? Silakan registrasi dengan memasukkan email.

kompetisi-komik-lintas-kata2

hijab-kawan

Meraup Untung Besar dari Bisnis Pembesaran Ikan Gurami

Pembesaran Gurami Scr IntensifLezatnya ikan gurami menjadi menu favorit banyak orang. Karenanya, pamornya tidak pernah padam sehingga permintaan ikan gurami terus meningkat. Sedangkan, sentra produksi ikan gurami masih sedikit dan masih mengandalkan sistem peternakan tradisional. Peternakan gurami belum banyak dilakukan secara intensif sebagai lahan usaha yang produktif.

 

 

Bahkan, ikan gurami tidak hanya digemari di Indonesia. Permintaan gurami juga datang dari Amerika, Jepang, Singapura, Hongkong, dan sejumlah negara di Eropa. Namun, peluang ini belum termanfaatkan karena sulitnya mendapatkan pasokan gurami berkualitas tinggi secara kontinu. Dalam volume kecil, hanya pasar ekspor ke Malaysia yang sudah tergarap dengan baik dari produsen gurami di Sumatera Barat.

Rendahnya produksi gurami bukan disebabkan minimnya lahan atau terbatasnya jenis-jenis gurami berkualitas. Tetapi, sebagian besar pembudidaya masih berkutat pada pola pembesaran konvensional yang menyebabkan tingginya mortalitas dan rendahnya laju pertumbuhan. Akibatnya, kontinuitas produksi gurami sulit dipertahankan.

Padahal, dengan solusi pembudidayaan secara intensif, peternak bisa meraup untuk dari usaha budi daya gurami. Selain waktunya bisa lebih cepat, juga bisa mengurangi angka kematian bibit. Usaha budi daya juga bisa berlangsung secara periodik sehingga mampu menyediakan produksi gurami secara berkesinambungan.

Salah satu dari bagian teknik usaha gurami yang cepat mendatangkan untung ialah dengan teknik pembesaran. Hanya dalam waktu tiga bulan, peternak sudah bisa memanen gurami dan memetik keuntungannya. Dalam ukuran kolam sekitar 500 m²  bisa ditanami 5.000 ekor bibit gurami. Pada hasil panen akhir, bisa menghasilkan 4.000 ekor gurami siap konsumsi dengan kisaran harga Rp12.600/ekor. Dalam satu siklus, peternak bisa mendapatkan untung sekitar 20 juta dari modal investasi 31 juta rupiah.

Menarik bukan? Angka 20 juta dalam waktu 3 bulan sungguh bukan angka kecil. Apalagi jika usaha ini dilakukan lebih serius dengan skala yang lebih besar lagi. Tentu keuntungannya pun akan semakin besar pula. Teknik penerapannya bisa dilakukan dengan berbagai media yang tersedia, mulai dari di kolam irigasi, bak beton, dalam sangkar, hingga kantong jaring apung.

Nah, buku Pembesaran Gurami Secara Intensif terbitan AgroMedia Pustaka ini akan membantu Anda dalam aplikasi pembesaran gurami secara intensif mulai dari persiapan hingga pemanenan. Buku ini mewujudkan teknik secara praktis, efisien, dan menguntungkan dalam membangun usaha peternakan gurami yang diperkuat oleh pengalaman para pembudidaya gurami di lapangan.

Buku ini ditulis oleh dua orang sarjana perikanan, H. Khairuman, SP & Khairul Amri, S.Pi, M.Si yang sudah lama terjun di dunia perikanan. Mereka menyuguhkan buku ini secara mudah agar bisa dipahami oleh siapa pun yang ingin menimba ilmu pembesaran ikan gurami, yakni mulai dari aspek prospek pasar gurami, sentra produksi, pengenalan gurami dari berbagai aspek dan jenisnya, menyiapkan media pembesaran (kolam tanah, tembok, dan jaring apung), teknik aplikasi pembesaran secara intensif di kolam irigasi, kolam bak beton, dalam sangkar, dan kolam jaring apung, upaya pencegahan dan pengobatan hama penyakit, hingga pemanenan dan sistem angkut ikan gurami.

Selain itu, penulis juga melengkapinya pula dengan asumsi biaya membangun usaha pembesaran ikan gurami berikut keuntungan yang diperoleh sehingga Anda bisa menakar usaha ini secara matang, baik berdasarkan kecukupan modal maupun nilai keuntungan yang diharapkan.

Gratis Kalender

gratis kalender 2013

Pertanian

Masakan dan Ketrampilan

Distributor Buku

agromedia-distributor

transmedia-distributorbuku

kawahmedia

bukukita

Griya

Alamat

Jl. H. Montong No. 57
Ciganjur - Jagakarsa
Jakarta Selatan
Indonesia
12630

Telepon: 021-788 830 30
Faks.: 021-727 0996

 

  Powered by Jkos Indonesia